Post Top Ad

banner image

Skenario Kehidupan Bagi Pelajar

Pagi ini kok rasanya pengen banget nulis tentang skenario masa depan buat pelajar yah, hehe... bukan sutradara sih tapi rasanya jadi kepengen aja berbagi tips yang mungkin bisa bermanfaat banget buat kamu yang masih pelajar khususnya anak SMA atau yang sederajat.

Skenario ini lebih ke strategi sih jatuhnya tapi ga papa yah, biar agak nyutradara dikit kita pakai kata skenario. 

Aku sendiri dulu masa-masa sekolah kalau tau strategi ini bakal aku terapin, dulu aku sekolah di STM Bhina Karya, Karang Anyar, Solo, duh ketahuan nih umurnya dulu zamanku masih STM sekarang udah berubah jadi SMK. Ada cerita kenapa aku masuk sekolah ini tapi ga akan aku bahas dijudul kali ini.

Kalian yang masih pelajar tentu kepengen masa SMA dilalui lebih menyenangkan tapi juga berkualitaskan? nah, ada baiknya kalian jangan hanya senang-senangnya aja tanpa mementingkan kualitas dari apa yang kalian lakukan. oke langsung aja berikut strategi yang bisa kamu pakai untuk menjadi siswa yang unggul, berprestasi dan juga populer.

Aktif Berorganisasi
Dari 3 tahun masa yang akan kalian habiskan di sekolah, ambillah 2 tahun (kelas X & XI) untuk aktif berorganisasi. Ada begitu banyak manfaat yang akan kamu peroleh dengan mengikuti ekskul dan organisasi di sekolah, yaitu softskill yang akan mengantarkan kamu pada masa depan yang lebih berkualitas. Dengan aktif di ekskul dan organisasi kamu akan banyak terlibat pada kegiatan-kegiatan yang membutuhkan kerjasama tim dan mengenali karakter teman-temanmu satu tim.

Fokus di kelas XII
Dengan aktif di ekskul dan organisasi kamu ga harus mengorbankan nilai pelajaranmu tapi kamu cukup menjadi yang standar-standar aja, terkecuali di sekolahmu ada beasiswa prestasi (ranking kelas)yang perlu kamu kejar. Nah, di kelas XII ini waktunya kamu harus fokus terhadap nilai pelajaranmu, karena dari sini setelah lulus kamu dapat dengan lebih mudah masuk ke perguruan tinggi favoritmu.

Bergaul dengan teman yang positif
Bergaul jangan asal bergaul, dimasa-masa SMA ini masa-masanya mencari jati diri jadi pastikan kamu mencari jati dirimu ditempat yang tepat dengan bergaul dan berteman dengan teman-teman yang membawamu kearah yang lebih positif dalam hal belajar dan dalam pengembangan diri. Ingat, menjadi populer atau anak gaul bukan berarti harus mengikuti arus pergaulan yang tidak beretika dan tidak bermoral.

Perbanyak Membaca
Rajinlah membaca apa saja diluar mata pelajaran yang ada disekolahmu, karena ini bagus untuk memperluas wawasanmu. Dari banyak referensi bacaan ini juga dapat menunjang pelajaran yang ada di sekolah.

Manfaatkan Waktu Secara Bijak
Biasanya kalau kamu tergabung di ekskul di kelas X dan XI sepulang sekolah akan ada jam tambahan untuk kegiatan ini, kamu bisa manfaatkan ini sebaik-baiknya tapi kalau tidak ada, sepulang sekolah kamu bisa langsung pulang untuk istirahat dan mengulang pelajaran yang tadi disekolah kamu pelajari, tak perlu berlama-lama disesuaikan dengan kondisi waktu kamu. Manfaatkan akhir pekan (libur) untuk benar-benar libur, kamu bisa main ke toko buku atau kerumah teman.

Nah itu strategi yang bisa kamu terapin di bangku sekolah untuk menjadi siswa yang gaul, keren, populer dan tentu berprestasi.

Skenario Kehidupan Bagi Pelajar Skenario Kehidupan Bagi Pelajar Reviewed by Taupik Widayanto on May 21, 2019 Rating: 5

No comments:

Recent

Powered by Blogger.