Post Top Ad

banner image

Metro, Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia ?


Belum lama ini Metro disebut sebagai salah satu kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Berada diperingkat ke 9 bersanding dengan Solo, Cirebon, Sibolga, Purwokerto, Yogyakarta, Banyuwangi, Kudus, Singaraja dan Probolinggo.

Metro sendiri merupakan kota terbesar kedua di provinsi Lampung setelah Bandar Lampung. Kota yang berjarak 52 km dari Bandar Lampung ini juga merupakan kota ke dua di Suamtera yang memiliki biaya hidup terendah menurut survey BPS. 

Biaya hidup di Metro menurut survey berkisar Rp. 3.117.533 per bulan, padahal kalau kita bandingkan dengan UMK provinsi Lampung 2017 ada di kisaran Rp. 1.909.503 . Besaran biasa hidup masing-masing orang tentu saja berbeda, sebagai contoh masih banyak penduduk Metro yang berpenghasilan jauh di bawah UMK dan masih bisa menikmati kehidupan yang layak di kota ini.

Sumber penghasilan penduduk Kota Metro, mayoritas yang menurut saya menonjol di kota ini adalah profesi pendidik (guru) mengingat kota ini banyak lembaga pendidikan mulai dari PAUD sampai perguruan tinggi (kampus) dan tentunya pedaganh. Gaji guru disini untuk guru honorer masih terbilang miris, mungkin sama dengan didaerah lain yang berkisar mulai dari 250.000an perbulan untuk guru SD, sementara gaji penjaga toko berkisar 700.000an.

Jajanan Murah di Kota Metro
Kalau kita berkunjung di kota Metro, masih banyak juga jajanan-jajanan dengan harga yang terbilang murah, contohnya di pasar Metro, kita masih bisa menemui jajanan seharga Rp. 1.000,- pedagang-pedagang kelilingpun masih banyak yang menjajakan jajanannya yang berkisar Rp. 5.000,- kalau kalian ada di sekitaran kampus, banyak juga makanan dengan harga yang sesuai buat kantong mahasiswa.

Namun seiring perkembangan yang penulis rasakan tidak selalu murah, banyak jajanan dan barang-barang di Metro sudah lumayan memberatkan. Jadi, anggapan Metro sebagai salah satu kota dengan biaya hidup termurah ternyata tidak juga, standar-standar saja sama seperti kota Bogor misalnya yang tidak ada dalam daftar kota dengan biaya hidup termurah tapi biaya hidup sama dengan Metro.




Metro, Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia ? Metro, Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia ? Reviewed by Taupik Widayanto on November 11, 2017 Rating: 5

No comments:

Recent

Powered by Blogger.