Melahirkan, Pilih Dokter atau Bidan ?

Merupakan kabar bahagia bagi pasangan suami istri saat - saat menantikan jelang kelahiran buah hati, ada banyak perasaan campur aduk apalagi jika istri memiliki riwayat yang kurang baik tentu perasaan khawatir dan sejenisnya berkecampuk.

Memilih tempat persalinan yang dirasa nyaman harus mulai dipikirkan jauh - jauh hari, apakah akan persalinan di rumah sakit, klinik atau bidan rumahan. Sayapun demikian, melihat isteri punya riwayat keguguran tentu saya lebih concern ke rumah sakit, tapi selama kehamilan kondisinya bagus kemudian saya mulai melirik agar persalinannya di bidan rumahan saja.

Selama kehamilan kami rutin kontrol ke dokter kandungan, di artikel sebelumnya sudah saya tulis Dokter kandungan wanita di Metro. Kenapa memilih konsulnya di dokter ? karena adanya alat USG untuk melihat kondisi perkembangan janin. Dan bukan tanpa alasan juga kenapa saya akhirnya memilih bidan sebagai tempat bersalinnya, disamping menginginkan dan mengupayakan persalinan yang normal juga dari banyak pengalaman orang yang saya tanya, dokter rumah sakit cenderung lebih memilih caesar dalam mengambil tindakan walaupun mungkin bagi sebagian orang kini ada yang lebih memilih caesar dengan alasan lebih cepat.

Alasan lain memilih bidan karena saya menginginkan penanganan eksklusif, maksudnya kalau di bidan cenderung lebih sedikit pasiennya, sehingga lebih terpantau dan juga bidan pilihan yang menurut kami sudah berpengalaman, o...iya disamping rutin konsul ke dokter, kami juga konsul dengan bidan. Jadi, kami bisa mengambil kesimpulan ketika menghadapi kondisi yang sama namun ada perbedangan pandangan menurut dokter dan bidan. 

Menurut saya pribadi ketika menjumpai ada dokter muda dan bidan senior, maka saya lebih yakin dan percaya kepada bidan senior. Namun kalau kondisinya sama - sama berpengalaman maka pilihannya tergantung tingkat kenyamanan kita dan juga faktor keuangan. Oiya, untuk persalinannya kami ditangani oleh Bidan Ponirah yang membuka praktek dirumah beliau sendiri di Jl. Kencana, Metro Barat dekat dengan kolam renang Kartikatama. Sebagai gambar biaya persalinannya di bidan Ponirah berkisar antara 1.500.000 sampai 2.000.000 dan juga menerima pasien BPJS. Pada waktu itu saya pribadi mengusahakan untuk tidak pakai BPJS karena alasan syar'i.

Demikian, berbagi pengalaman yang saya bisa sampaikan. Kembali lagi pengalaman tiap orang berbeda - beda jadi kalau anda memiliki pandangan dan pengalaman yang jauh lebih baik bisa sharing di kolom komentar siapa tau ada manfaatnya bagi pembaca dan mudah - mudahan bernilai pahala.



Melahirkan, Pilih Dokter atau Bidan ? Melahirkan, Pilih Dokter atau Bidan ? Reviewed by Taupik Widayanto on April 11, 2018 Rating: 5

No comments:

Recent

Powered by Blogger.