Perjalanan Dari Bogor ke Metro Lampung

Saya pakai kata kunci perjalanan dari Bogor ke Metro Lampung ini dengan harapan bisa sedikit membantu memberikan gambaran ke teman-teman di Bogor yang ingin melakukan perjalanan ke Metro, Lampung.

Saya memulai perjalanan ke Metro menggunakan armada bus damri yang berada di pool damri samping Botani Square, di pool damri ini perjalanan ke Metro hanya pada pukul 20.00 menggunakan Executive Class denga tiket perjalanan seharga Rp. 230.000,- sebaiknya membeli tiket tidak mepet dengan jadwal keberangkatan. Berhubung pada saat ini Bogor sedang musim hujan saya dari rumah berangkat lebih awal 3 jam ke pool agar tidak kehujanan di jalan, kalau anda melakukan hal yang sama dan bosan menunggu bisa menunggu di food court Mall Botani Square atau di Masjid dekat area Mall yang letaknya dibelakang pool damri bersebelahan dengan area parkir mall bagian luar. 

Saat saya datang ke pool langsung menunjukkan tiket keberangkatan kepada petugas untuk absensi agar petugas tau kalau saya datang dan menunggu kalau-kalau saya datang terlambat. Dari jam keberangkatan ada selisih waktu 3 jam saya menunggu, saya mengisi waktu dengan mecari oleh-oleh dan istirahat di masjid menunggu waktu maghrib, setelah sholat magrib ga perlu bingung kalau ga tau mesti ngapain kita bisa ikut kajian sambil menunggu waktu isya atau ngis perut dengan makan di warung-warung yang ada disekitar area pool damri.

Bus berangkat tepat jam 20.00, Damri kelas Executive ini terbilang nyaman dengan fasilitas kursi empuk, selimut, charge hp dan snack. Perjalanan dari Bogor menuju pelabuhan merak terbilang lancar pada malam hari dan memaka waktu kurang lebih 3 jam. Saat bus masuk kapal kita diharuskan untuk turun dan naik ke dek kapal, sekedar informasi didalam kapal ada yang menanggih uang tambahan ada juga kapal yang tidak menaggih uang tambahan jadi tergantung jenis kapal yang kita naiki, jika kita beristirahat di ruang lesehan ber AC biasanya dikenakan 8.000 tapi kalau di luar tidak dikenakan biaya. Di dalam kapal anda bisa melanjutkan mimpi anda dengan tidur atau makan untuk mengisi perut, untuk urusan ngisi perut harga makanan dan minuman di atas kapal tentu jauh berbeda dan lebih mahal, segelas teh panas ukuran gelas kecil air mineral yang biasanya harga 2.000 di dalam kapal bisa dihargai 7.000. Perjalanan Merak ke Bakaheuni memakan waktu kurang lebih 1,5 sampai 2 jam tergantung kecepatan kapal.

Sampai pelabuhan Bakaheuni bus melakukan perjalanan dan istirahat di rumah makan kemudian ke Rajabasa, waktu itu bus yang saya naiki ada kendala di bagian kipas mesin jadi harus menunggu bus pengganti untuk melanjutkan perjalanan ke Metro, dan sampai di Metro waktu itu jam 5.30.

Kesan saya melakukan perjalanan dengan bus Damri ini terbilang nyaman dan cukup puas, dari segi ketepatan waktu berangkat, pelayanan dan kenyamanan dalam perjalanan, adanya kendala seperti rusaknya kipas mesin bukan kendala yang berarti karena kami diberikan bus pengganti dengan kelas yang sama. 

Jika anda melakukan perjalanan dengan cara ngeteng akan jauh lebih murah dan bisa dimulai dari terminal Baranangsiang, saya belum tau habisnya berapa biayanya tapi teman ada teman saya yang dari Sukabumi ke Lampung  habisnya 150.000. itu berarti jika dari Baranangsiang jauh lebih hemat lagi.

Jarak tempuh Bogor - Metro : 317 km
Waktu tempu : 9 jam (Damri)
google map


Perjalanan Dari Bogor ke Metro Lampung Perjalanan Dari Bogor ke Metro Lampung Reviewed by Taupik Widayanto on November 24, 2015 Rating: 5

No comments:

Recent

Powered by Blogger.