Post Top Ad

banner image

Kenapa Sedekah Belum Dibalas

Sedekah merupakan amalan yang Allah janjikan akan memberikan balasan berlipat ganda kepada hambaNya yang mengamalkan.

Salah satu icon sedekah yang kita kenal adalah usatadz Yusuf Mansur yang ditiap dakwahnya menyampaikan fadilah sedekah yang menjadi asbab dapat terselesaikannya semua permasalahan yang kita alami.

Ayat-ayat  al quran tentang sedekah :

Alquran > Surah Al Baqarah> Ayat 195
Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik

Alquran > Surah Al Baqarah> Ayat 245
Siapakah yang mahu memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.

Alquran > Surah Al Baqarah> Ayat 261
Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah seperti dengan sebiji / sebutir benih yang menumbuhkan tujuh tangkai (bulir), pada tiap-tiap tangkai  pula ada seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (kurnia-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Kemudian mungkin kita pernah bertanya atau ada teman bertanya, kenapa sudah sedekah kok belum juga keliatan balasannya. Saya pernah mengikuti kajian salah satu ustadz bahwa Islam adalah Agama yang mengutamakan ketertiban dan  Allah menyukai ketertiban, ditiap perintahnya seperti wudhu, sholat, haji dan lainnya pasti tertib, tidak boleh sembarangan. Begitu juga dengan balasan sedekah, penjelasannya begini, sebagaimana kita pasti punya yang namanya salah, khilaf dan dosa, ketika kita baru bersedekah sekali dan minta langsung dibalas rasanya kita perlu merenungkan ini ;

Allah mencintai tiap hambaNya yang berjalan dalam ketaatan dan menghapus dosa-dosanya, jika sedekah kita tak kunjung dibalas bisa jadi amalan sedekah kita itu terlebih dahulu dipakai Allah untuk membersihkan dosa-dosa kita, oleh karena itu sangat dianjurkan sedekah yang kita harapkan balasannya itu kita iringi dengan amalan-amalan lain seperti sholat, puasa, tahajud, duha, berbakti, silahturahim dan lain-lain, kemudian kita teruskan sedekah kita selanjutnya, InsyaAllah janji Allah dalam ayat diatas akan terkabul dan segala permasalahan yang kita hadapi terselesaikan dan yang terpenting hidup kita menjadi lebih berkah.

Sekian, semoga bisa menjawab pertanyaan teman-teman. Silahkan di dibagikan kepada teman-teman yang lain jika ini dapat memberikan manfaat bagi banyak orang.
Kenapa Sedekah Belum Dibalas Kenapa Sedekah Belum Dibalas Reviewed by Taupik Widayanto on April 17, 2015 Rating: 5

2 comments:

Recent

Powered by Blogger.