Post Top Ad

banner image

PENDAPAT ILMUWAN DAN PEMIKIR BARAT TENTANG AL QUR’AN

PHILIP K HITTI, pemikir modern dan dosen di universitas pricenton Amerika, dalam salah satu bukunya yang berjudul Tarikh al arab, mengatakan “Al Qur;an adalah mukjizat yang pernah ada. Dan andaikan seluruh penduduk dunia berkumpul untuk menciptakan kitab seperti Al Qur’an, maka pasti mereka tidak akan pernah mampu’.

Dr. GRINEY dari Prancis berkata “ Saya selalu mengamati ayat-ayat Al Qur’an yang menghubungkan dengan kesehatan, kedokteran, dan Alam. Semenjak kecil saya mempelajarinya, tentunya saya menyadari bahwa ayat-ayat Al Qur’an lebih memiliki kesesuaian dengan ilmu pengetahuan ketimbang pendapat dan buku-buku lainnya. Setiap orang yang berilmu dan kerkecimpung di dalamnya, ketika ia membandingkan ayat-ayat Al Qur’an dengan ilmu yang telah dipelajarinya, maka ia pasti akan memeluk islam. Tentunya jika ia berakal sehat dan tanpa tendensi. Dan dengan cara ituah saya membadingkan Al Qur’an dengan ilmu-ilmu pengetahuan”.

Napoleon Bonaparte “Hanya Al-Qur’an lah yang dapat menjamin kebahagiaan manusia”

Ernest Renan “Diperpustakaan pribadi saya terdapat rbuan buku yang terdiri dari buku politik, sosial, sastra, dan lain sebagainnya. Buku-buku tersebut tidak pernah saya baca  dan telaah lebih dari satu kali, apalagi buku-buku yang lebih berperan sebagai sekedar hiasan dan aksesoris perpustakaan. Namun ada satu yang selalu memberikan ketenangan bagi saya setiap kali lelah. Dan setiap kali saya berkeinginan untuk menyingkap makna-makna kesempurnannya, buku tersebut saya baca serta pelajarinya. Saya tidak pernah lelah dan sakit dikarenankan membaca buku tersebut. Buku tersebut adalah Al Qur’an yang merupakan kitab wahyu bagi kaum muslim”.

George Herbert, dalam salah satu jawabannya ketika diwawancarai oleh salah satu majalah tentang buku apa yang paling berpengaruh di muka bumi ini dari awal sejarah manusia sampai sekarang, ia menyebutkan nama beberapa buku di dunia ini. Di sela-sela jawabannya ia mengatakan “Adapun kitab ke empat yang paling berpengaruh dan paling penting di antara buku-buku lainnya di muka bumi ini adalah Al Qur’an. Dan di muka bumi ini tidak ada satu pun buku yang mampu menandinginya”.

Thonvord, Seorang budayawan jerman “Dengan kekuatan Argumentasinya, Al Qur’an dapat memikat dan memukau para pendengarnya dan juga dapat menundukkan hati mereka, Al Qur’an inilah yang dapat mengubah bangsa Arab yang bengis dan bodoh menjadi guru di muka bumi”.

Goethe (1749-1832) penyair dan penulis besar Jerman “ Awalnya kami menutup mata dan berpaling dari Al Qur’an. Namun itu tidak berlangsung lama, karena kitab tersebit mampu menarik perhatian dan memukau kami sehingga pada akhirnya kami mau tidak mau mengakui kebesaran dan keagungan dasar-dasar serta kaidah-kaidahnya.  Dan kamipun berusaha memperoleh kesesuaian antara lafal-lafal dan makna-maknanya. Tujuan kitab tersebut sangat kuat tanpa tanding. Dasar dan fondasinya tanpa tanding. Di sisi inilah ia mampu memikat perhatian kami dengan keagungan dan kemuliaannya. Karena sifat-sifat tersebut dengan cepat ia akan menguasai dunia dengan pengaruhnya”. Selanjutnya ia mengatakan “Tidak lama lagi, kitab yang bisa disifati itu akan memikat dunia dan akan memberikan pengaruh yang dalam bagi ilmu pengetahuan di muka bumi ini, dan pada akhirnya ia akan menjadi universal”.

H.J Welsh, Ilmuwan dan sejarahwan Inggris “Didalam Al Qur’an terdapat susunan kalimat yang terindah dan tertinggi. Juga terdapat suatu metode sastra dan kefasihan yang sangat menawan, dimana seluruh akal manusia sehat aka terkesima olehnya, Al Qur’an kitab yang abadi dan universal”.

Zyoul Labom, Budayawan dan ilmuwan Prancis, dalam mukadimahnya atas indeks AlQur’an mengatakan “ AlQur’an selalu hidup untuk selamanya. Dan setiap orang yang ada di muka bumi ini akan memperoleh manfaat dari Al Qur’an serta akan memahaminya menurut kadar kemampuan dan potensi dirinya”.
PENDAPAT ILMUWAN DAN PEMIKIR BARAT TENTANG AL QUR’AN PENDAPAT ILMUWAN DAN PEMIKIR BARAT TENTANG AL QUR’AN Reviewed by Taupik Widayanto on August 12, 2014 Rating: 5

No comments:

Recent

Powered by Blogger.