Post Top Ad

banner image

Tips Sukses Buka Usaha untuk Introvert

Siapa sih didunia ini yang ga mau punya bisnis yang terus berkembang ? malah bukan sekedar berkembang tapi mapan dan maju, bisnisnya jalan yang punya jalan-jalan, pasti semuanya mau dong, termasuk yang nulis sama yang baca nih...hehe..

Masalahnya yang sebenernya ga perlu dimasalahin juga sih, tapi untuk orang-orang tipe introvert buka usaha adalah suatu tantangan yang sulit sekali ditaklukan pasalnya tantanganya bisa jadi lebih besar ketimbang kebanyakan orang, sekalipun sama. seperti mulai dari hal-hal terkecil yang sifatnya remeh temeh serba dipikirin (maklum kebanyakan introvert orangnya pemikir).

Bagi anda yang bener-bener baru pertama kali dan ga punya pengalaman dagang/bisnis jelas akan banyak pikiran-pikiran yang mengganggu segala macam yang negatif sepertinya berkumpul di otak kita layaknya ada pertemuan besar mengkudeta pikiran positif, halah... J

Langsung aja deh ga perlu basa-basi lagi, sekedar berbagi pengalaman khususnya bagi anda yang bertipe introvert yang cenderung perfeksionis, maklum yang nulis juga tipe introvert yang pernah buka usaha pertama, kedua, ketiga, dst...

Hal pertama yang penting banget buat kamu yang pengen buka usaha adalah jangan melakukan survey. Haha... maaf ya sangat bertolak belakang dengan saran para guru bisnis. Kalau untuk Mencari ide boleh-boleh aja saran saya sering-seringlah ngobrol dengan penjual kaki lima, dan temukan keberanian kamu saat mendengar cerita mereka dan kalau sudah ketemu idenya segera lengkapi hal-hal utama dalam pembukaan usaha seperti perlengkapan/peralatan dan produk/jasa yang ingin dijual. Kalau kamu baca tulisan ini tingkatan kamu dalam hal ini adalah orang yang sudah banyak mengumpulkan teori bisnis.

Kenali misi pertama kamu saat memutuskan buka usaha, misi terbaik bagi orang yang buka usaha adalah bukan mencari untung, bukan juga menganalisa cashflow menumpuk kekayaan tapi misi utama seorang yang baru membuka usaha untuk pertama kali adalah mengalahkan ketakutan dan memperkuat mental.
Amati dan perbaiki, hari pertama kamu bisa lega karena tlah berhasil melewati berjam-jam menawarkan poduk/jasa yang kamu punya di keramaian tanpa menghiraukan laku atau tidaknya. Uuuhhh sadis. Ini berat lho, beneran berat tapi bisa bikin ketagihan juga untuk terus  memaksimalkan cara-cara baru yang banyak sekali untuk di coba.

Segeralah naik kelas, seorang introvert biasanya ga betah terus-terusan mengalami konflik yang sama saat memulai dan ingin cepat naik kelas, ketika kita sudah bisa menemukan ‘aha... ‘ segeralah perbesar modal dengan membongkar tabungan, meminjam dana tambahan, mencari mitra dan selalu terus iringi tiap usaha kamu dengan ibadah dan sedekah, InsyaAllah Man jadda wa jadda. Impian kamu bakal tercapai.

Sekian tips sukses buka usahauntuk introvert yang ditulis berdasarkan pengalaman penulis sendiri, semoga ada manfaatnya yang bisa membuat kamu menyegerakan untuk membuka bisnis pertama kamu.

Kalau kamu masih bingung bagaimana memulai bisnismu sendiri kamu bisa beli buku karya Jaya Setiabudi, buku ini akan banyak membantu kamu memulai bisnis. 
 Berdasarkan pengalaman
Berdasarkan pengalaman

Tips Sukses Buka Usaha untuk Introvert Tips Sukses Buka Usaha untuk Introvert Reviewed by Taupik Widayanto on October 16, 2013 Rating: 5

Recent

Powered by Blogger.