Anda Bisa Belajar Dari Pengalaman Saya, Trik Mendapatkan Modal

Ada kata bijak ‘Belajarlah dari siapa saja termasuk orang gagal sekalipun’ ditulisan ini saya hanya ingin  sekedar berbagi pengalaman bagaimana pada waktu itu saya yang berniat memulai usaha yang sudah begitu membuncahnya namun terhalang oleh ketiadaan modal.

‘Background’ saya pada waktu itu adalah didunia periklanan, saya bekerja mulai dari salesman iklan dikoran ternama di Jabodetabek dan keluar tanpa prestasi apapun, namun bekerja kembali diperusahaan media iklan juga yang sedang merintis dari bawah di kota Bogor. Di perusahaan baru itu diisi oleh orang-orang muda yang enerjik, konsep media yang kami usung pada waktu itu menduplikasi dari media sejenis di kanada yang sangat laku dicari dan selalu ditunggu terbitannya. Sebagai perusahaan baru kami tidak punya pengalaman banyak mengelola bisnis periklanan media yang karenanya pimpinan mempekerjakan orang-orang yang menurutnya punya sedikit pengalaman untuk membantu membesarkan perusahaan.

Disperusahaan ini bisa dibilang saya cukup berkembang, itu bisa dilihat dari kinerja saya yang bisa melebihi senior dalam pencapaian omzet iklan. Namun diperusahaan ini saya tidak lama bertahan karena adanya sikap dari atasan dan melencengnya misi perusahaan, sampai akhirnya kinerja saya anjlok (sengaja-jangan ditiru ya) dan kemudian saya dikeluarkan.

Sejak saya dikeluarkan ini saya begitu menggebu ingin membuat perusahaan media periklanan, bersama beberapa teman kami menegosiasikan ide bisnis ini untuk membuatnya sedemikian menarik untuk bisa memenuhi kebutuhan pasar. Sebelumnya saya juga dimintakan tolong untuk mengembangkan perusahaan media iklan kompetitor yang memiliki konsep yang hampir sama dengan tempat saya bekerja sebelumnya.

Lama kami mengosiasikan ide bisnis saya dengan teman-teman, namun semakin waktu berjalan motivasi kami semakin kendur karena terkendala perbedaan pandangan dan permodalan. Dan ide itu terbang ditiup angan-angan. Tapi saya yang sudah ngebet ingin sekali merealiasasikan mengkonsep sendiri ide saya dan menceritakannya kebeberpa teman lainnya, mereka bilang bagus namun tidak ada satupun yang mau terlibat, sampai akhirnya saya punya cara untuk mendekati seorang pemodal yang saya butuhkan.

Waktu itu saya berpikir kalau saya bertemu calon pemodal dan mengatakan saya butuh modal tentu mereka akan pasag ‘tameng’ dan mencari-cari kelemahan konsep bisnis saya. Yang saya lakukan waktu itu setelah selesai mengkonsep saya menemui calon pemodal yang saya tuju dan meminta waktunya untuk memberikan masukan, ya... saya bertemu untuk sekedar meminta masukannya bukan mengajukan modal.

Dan diluar dugaan terhadap apa yang saya sampaikan itu beliau menilai bagus dan menanyakan apa yang saya butuhkan untuk merealisasikannya, wow.... Dan tidak lama kemudian konsep bisnis itu teralisasi tanpa saya mengeluarkan modal alias hanya modal konsep dan itu berhasil, namun karena kesalahan saya setelah berjalan saya mengalami kegagalan dan ini adalah kegagalan pertama dalam berbisnis dengan menggandeng pemodal.
Semoga Bermanfaat !!!
Anda Bisa Belajar Dari Pengalaman Saya, Trik Mendapatkan Modal Anda Bisa Belajar Dari Pengalaman Saya, Trik Mendapatkan Modal Reviewed by Taupik Widayanto on August 02, 2013 Rating: 5

No comments:

Recent

Powered by Blogger.