Post Top Ad

banner image

Investasi Akhlak

Pembicaraan ditelpon dengan seseorang yang baru saja terjadi ini membuat saya berpikir keras untuk menjabarkan tentang sekelumit kalimat yang entah datangnya dari mana namun berhasil nyangkut di otak dan menarik untuk dibedel yaitu 'Investasi Akhlak'.

Pembicaraan kami ditelpon begitu indah tentang masa depan yang ingin kami wujudkan walaupun pada sesi akhir pembicaraan suara kami tidak begitu terdengar karena diikut campuri oleh derasnya suara guyuran hujan.

Tentang pengabulan doa memang hal yang belum bisa saya jabarkan kapan waktunya bisa terjadi, namun ada yang menarik dari sekelumit kalimat spontanitas 'investasi akhlak' ini. Kalau mau mengaitkan ini mungkin berkaitan dengan investasi tubuh bagian atas (otak) dengan banyak mencari ilmu namun menurut saya kok lebih-lebih ya karena 'investasi akhlak' penekannya lebih kepada pembawaan prilaku diri yang berlandaskan pada tuntuan Agama.

Menjabarkan ajaran agama jelas belum bidang saya tapi sedikit-sedikit mencoba menyampaikan, yang bisa saya tulis baru sebatas mengaitkan perilaku diri dengan nilai ibadah agar segala bentuk impian yang dinaikkan kepadaNya mendapatkan putusan yang diridhoi.

Doa (ibadah), ikhtiar dan pasrah sebagai bentuk ketaatan kepada hukum Allah menjadi kewajiban yang harus dilakukan agar semua yang kita harapkan adalah yang terbaik menurutNya bukan menurut ego manusiawi kita, yang membahagiakan dari terwujudnya sebuah doa/harapan adalah bertemunya apa yang kita inginkan dengan kehendakNya, oleh karena itu pantas rasanya mendalami ilmu kepantasan dengan yang saya sebut sebagai 'investasi akhlak' dimana perilaku (akhlak) telah sesuai dengan hukum dalam agama. Mengejar dunia dengan segala bentuk ikhtiar ilmu dan tindakan dan menginstall sotware akhlak Qurani sebagai yang tidak hanya prosesornya tapi satu kesatuan antara pikir dan tindakan.

Rasanya tulisan ini belum selesai  karena masih dalam keterbatasan dari sekelebatan pikir.

sumber gambar : http://bukhari-tintaharian.blogspot.com
Investasi Akhlak Investasi Akhlak Reviewed by Taupik Widayanto on July 17, 2013 Rating: 5

No comments:

Recent

Powered by Blogger.