Post Top Ad

banner image

Ajari Gurumu, Mereka Lebih Mudah Belajar

Entah selintasan pikiran ini datangnya dari mana karena datangnya begitu tiba-tiba saat saya sedang duduk berselancar di wall facebook padahal tidak ada kaitannya sama sekali dengan banyak status yang sedang saya baca.

‘Ajari gurumu, mereka lebih mudah belajar’ kira-kira seperti itu singkatnya yang terlintas, kalau diterjemahkan secara pendek terkesan arogan ya ? memang siapa kita kok malah mengajari guru yang jelas-jelas orang yang memberi pelajaran. Guru yang saya maksud disini adalah guru kehidupan seperti motivator, penceramah dan public speacking lainnya yang memberikan pencerahan.

Guru-guru mereka adalah siapa saja karena mereka belajar dari siapa saja, mereka juga punya guru yang mengajarkan mereka secara pribadi, ya guru berguru karena tidak ada kesempurnaan ilmu yang manusia miliki. Kita mengajar mereka tanpa kita sadari dari apa yang bisa mereka pelajari dari kehidupan kita, dari siapa kita, dari akibat perbuatan yang kita lakukan atau dari celotehan yang tanpa sadar terlontar namun memberikan sebuah kebijaksanaan tersendiri bagi mereka kemudian mereka mengolahnya dan menyampaikannya kepada pendengar.

Mereka orang-orang luar biasa. Jika kita menyadari kita adalah guru mereka tentu ini lebih baik dan harus diiringi dengan kerendahan hati dan tidak bermaksud mengajari. Maksud saya adalah ketika kita yang bukan siapa-siapa ini meninginkan sebuah bentuk ibadah dengan pahala luarbiasa bisa dilakukan dengan menjadikan diri kita sebagai inspirasi bagi para guru sebaik mungkin hingga menjadi bahan bagi para guru untuk dijadikan pengajaran yang kemudian disampaikan kepada para audiennya, bisa dibayangkan berapa banyak orang yang akan terinspirasi dari guru tersebut yang ia dapat dari pelajarannya mengamati kebaikan kita. Dan akan besar pula nilai kebaikan yang akan kita dapatkan.

"Setiap kita adalah murid sekaligus guru bagi kebaikan orang lain, menjadilah rendah hati bagi peran keduanya"

Semoga dengan kita menjadi baik dengan terus berkreasi dalam kebaikan menjadi kebaikan bagi semua orang.



Ajari Gurumu, Mereka Lebih Mudah Belajar Ajari Gurumu, Mereka Lebih Mudah Belajar Reviewed by Taupik Widayanto on July 06, 2013 Rating: 5

No comments:

Recent

Powered by Blogger.