Post Top Ad

banner image

Kue Ulang Tahun Tanpa Lilin

photo : Film Drama Religi 'Ada Surga dirumahmu'
'Mas besok mama ulang tahun' 
'iya'
'Gue pesenin kue tapi lu yang bayar ya?'
'iya, tapi kue yang kaya waktu itu gua makan ya, enak tuh biar gua puas makannya'
'Lha yang ulang tahunkan mama bukan lu, lagian yang waktu itu juga kuenya kecil'
'ya lu pesen yang agak gedeanlah, Dan ga usah pake lilin !!!'
'iyeeee' 

Singkat percakapan Rafa dan adik perempuannya via bbm, hari ini mama kami ulang tahun kelahirannya. Kemarin sore mama sendiri yang bilang, 
'besok mama ulang tahun lho'
'iya, mama mau dibeliin apa?'
'apa yaaaa?' (kemudia diam)
Mungkin karena kado yang paling indah bagi mama memang belum keliatan jadi beliau tersadar kalau belum ada kado menantu dari anaknya yang beliau harapkan.

[Maafkan anak-anakmu mama]

Tradisi ngerayain ulang tahun dikeluarga kami biasa-biasa aja, dari dulu sampai sekarang hanya dibuatkan nasi kuning, telor dadar dan tempe orek, berdoa...Alhamdulillah nikmat. Dan kali ini ditambah kue ulang tahun.

Kalau Rafa sendiri tiap ulang tahun malah berharap mudah-mudahan ga ada yang inget ulang tahunnya, hehe... paling ditiap usianya itu dia malah ngerenung, maklum nih orang perenung padahal ga punya sertifikasi Surat izin merenung, heeeeyyyy... ngapain ngerenung aja pake izin?' ya..biar hasil perenungan lu di akuilah. 'ga perlu'

Oke kita balik ke judul tulisan ini, lupakan materi yang direnungi si rafa, ga penting juga buat kita kan? hehe.... kenapa nih judulnya kue ulang tahun tanpa lilin? memang ga perlu kita undang sililin hanya untuk dimatikan? ya jawabannya ngapain juga tuh kue di tuncepin lilin ? nyalanya juga ga sampe semenit terus ditiup, mati dikeprok-keprokin, opoooo kui? ritual yang aneh.

Coba aja direnungin sebenernya ngapain juga melestarikan tradisi kaya gitu? saat ulang tahun kita tidak sedang merayakan kematian lilin yang ditiupkan? atau bergembira tanpa ada arti?. ulang tahun sebenernya maknanya kita diingatkan kembali sudah sampai mana kedekatan kita ke Yang Maha Pemberi Kehidupan, sudah sebesar apa syukur kita.

Merayakan ulang tahun terutama orang tua menjadi moment pengingat anak tentang baktinya kepada mereka sudah sampai mana orangtua bahagia.

Milad Mama
[Renungan untuk penulis]
Kue Ulang Tahun Tanpa Lilin Kue Ulang Tahun Tanpa Lilin Reviewed by Taupik Widayanto on September 12, 2015 Rating: 5

No comments:

Recent

Powered by Blogger.