Taupikwida : Menjadi Penjual Online yang dipercaya

Awal Juni lalu ada beberapa customer yang order melalui BBM, mereka invite BBM saya kemungkinan datang dari instagram dan twitter. Sebenarnya tidak ada yang menarik transaksi jual beli melalui BBM, semua online shop pun melakukannya. Namun menjadi menarik ketika customer yang kecewa tapi masih mau membeli dari saya, kecewanya bukan karena kualitas barang atau karena pelayanan tapi karena hal-hal yang tidak bisa diduga.

Pertama : Barang yang tadinya Ready Stock mendadak Sold out 
Dikejadian ini Customer sudah melakukan transfer sejumlah uang sesuai nilai barang, namun mendadak barang sudah habis, yang saya lakukan saat itu langsung mengkonfirmasi pembeli dan memohon maaf bahwa barang yang dipesan sudah habis dan memberitahu bahwa akan Ready Stock seminggu kemudian, dan saya memberikan 3 pilihan kepada pembeli ; Uangnya mau dikembalikan, Menunggu Ready Stock atau Ganti model barang yang Ready Stock. Luarbiasanya semua pembeli mau menunggu selama seminggu sampai Ready Stock.

Kedua : Perkiraan Ready Stock Meleset 
Seminggu kemudian saya terpaksa meminta maaf untuk kedua kalinya, bahwa ternyata perkiraan barang yang Ready stock hari yang sudah ditentukan ternyata meleset dan diperkirakan seminggu lagi baru Ready stock. Sayapun memberikan pilihan yang sama kepada semua pembeli ; Uang kembali, Menunggu atau Ganti produk yang ready stock. dari ketiga pilihan ini, satu pembeli memutuskan untuk mengganti warna barang dengan yang ready stock dengan model yang sama. Dan banyak pembeli yang masih menunggu barang sampai Ready Stock seminggu kemudian.

Bagi saya ini adalah kepercayaan luar biasa yang diberikan pembeli kepada penjual dimana kami tidak pernah bertemu dan bertatap muka namun saling percaya.

Mereka adalah pelanggan toko online saya yang puas dengan pelayanan dan kualitas barang yang kami jual.

Point yang saya ingin sharing disini adalah tidak ada rahasia apapun untuk menjadi penjual online yang bisa dipercaya selain Kejujuran, saat banyak yang tidak jujur justru disitu peluang bagi mereka yang jujur untuk melesat. kemudian Jalin Komunikasi yang tulus, komunikasi adalah bahasa untuk dimengerti dan jembatan keakraban dan kenyamanan, lakukan komunikasi seperlunya saja, di BBM saya hampir tidak pernah melakukan yang namanya Broadcast, dan saya tidak pernah melakukan invite pin calon customer, mereka yang tertarik membeli akan invite pin BBM kami. Berikan Pelayanan yang optimal seperti anda ingin dilayani sebagai seorang pembeli. Kita harus bisa menempatkan diri diposisi seperti pembeli, jika kita menjadi pembeli seperti apa kita ingin dilayani.

Sekian sharing saya untuk bisa menjadi penjual online yang bisa dipercaya semoga bermanfaat.

Pakai dan rasakan betapa anda istimewa
PAKAI dan RASAKAN kemeja ini betapa anda begitu ISTIMEWA

Taupikwida : Menjadi Penjual Online yang dipercaya Taupikwida : Menjadi Penjual Online yang dipercaya Reviewed by Taupik Widayanto on June 15, 2015 Rating: 5

No comments:

Recent

Powered by Blogger.