Post Top Ad

banner image

Alasan Memilih Kuliah di UM Metro

Kampus UM Metro di Jl. Ki Hajar Dewantara Iringmulyo Metro Timur

Pendidikan adalah hal yang menjadi prioritas bagi banyak orang, bukan tanpa alasan kenapa pendidikan diprioritaskan, karena hampir semua pekerjaan di instansi dan perusahaan membutuhkan tenaga-tenaga kerja berkualitas dan berkompeten dibidangnya.

Jika kita tinggal di kota, dimana instansi, perusahaan dan lembaga pendidikan bertebaran sepanjang mata memandang, sudah menjadi keharusan bagi siapa saja yang ingin meniti karir memiliki jenjang pendidikan yang tinggi.

Kita bisa ambil contoh di Kota Metro, Lampung. Di Metro, pendidikan menjadi prioritas utama untuk diupayakan tiap orangtua kepada anaknya. Mereka yang berpendidikan pas-pasan (setingkat SLTA) kebanyakan akan mengalami karir yang tidak akan meningkat, hanya disitu-situ saja, apalagi Metro terkenal juga sebagai kota pendidikannya provinsi Lampung, dimana banyak lembaga pendidikan, sekolah dan kampus di kota ini.

Karena Metro dikenal sebagai kota pendidikan maka berkarir didunia pendidikan cukup menjanjikan di kota ini, penulis kenal beberapa teman yang meniti karir dari mulai staff TU yang awalnya berpendidikan setingkat SLTA kemudian bekerja sambil kuliah, setelah lulus dan bergelar sarjana kemudian menjadi guru dan jika melanjutkan kejenjang lebih tinggi lagi besar kemungkinan akan menjadi kepala sekolah atau pengawas sekolah atau dosen, bukan hal yang tidak mungkin karena Metro ini tergolong kota kecil yang memungkinkan kita memiliki banyak hubungan perkenalan yang bisa mengantarkan kita pada karir yang menjanjikan. Demikian juga untuk karir-karir lain diluar dunia pendidikan seperti di instansi pemerintahan maupun perusahaan swasta yang melihat jenjang pendidikannya sebagai tolok ukur menentukan jabatan yang akan berimbas pada peningkatan gaji bulanan.

Untuk itu mengejar pendidikan yang lebih tinggi haruslah diupayakan, bukan semata-mata hanya untuk mengejar karir namun seperti yang dikatakan tokoh dunia Nelson Mandela, ‘Pendidikan adalah senjata yang paling ampuh yang bisa anda gunakan untuk mengubah dunia’. Maka untuk melanjutkan pendidikan pilihlah tempat yang tepat agar maksimal dalam penyerapan ilmu.

Lulus SLTA Bingung Lanjut Kuliah dimana?
Hal yang wajar setelah lulus SLTA dihadapkan pada pilihan yang sulit menentukan kemana akan melanjutkan pendidikan, karena selain tuntutan nilai dan prestasi akademik terkadang banyak faktor yang menjadi pertimbangan tersendiri sebelum memutuskan dimana kampus yang tepat yang akan dipilih. Maka perlu direnungkan bahwa memilih kampus yang tepat juga memerlukan strategi tersendiri, karena ini berkaitan dengan banyak faktor, seperti misal jarak, biaya hidup, lingkungan, atmosfir kampus dan lain-lain yang akan berimbas pada prestasi akademik maupun non akademik.

Ada baiknya sebelum lulus berkonsultasi dahulu dengan guru Bimbingan Konseling (BK) yang bisa memberikan nasihat yang bermanfaat untuk memutuskan memilih program studi sesuai dengan minat dan bakat untuk kemudian diarahkan di kampus yang tepat.

UM Metro Kampus Terbaik
Salah satu dari 100 PT Terbaik di Indonesia
Sebagai Kota Pendidikan, di Kota Metro banyak berdiri sekolah dan kampus yang jaraknya satu dengan yang lain saling berdekatan, Kota dengan luas 68,74 km2 ini memiliki atmosfir pendidikan yang begitu kentara. Kita bisa berkunjung disalah satu kawasan pendidikan Kampus yang terletak di Kelurahan Iringmulyo Metro Timur ini misalnya, yang menjadi kompleks pendidikan terkenal di kota ini, disana dari mulai PAUD sampai Universitas tersedia.

Karena pendidikan hal yang utama maka memilih kampus yang tepat juga harus diperhatikan, jika anda ingin kuliah di Lampung, tidak ada salahnya memilih Kota Metro sebagai kota tujuan untuk tinggal dan menimba ilmu, di kota ini memiliki tingkat kenyamanan hidup yang baik, tidak ada kemacetan, tidak bising, tidak ada polusi, dekat dengan semua layanan publik, biaya hidup yang terjangkau dan banyak lagi keunggulan Kota Metro.

Dikawasan ini berdiri Universitas Muhammadiyah (UM) Metro yang baru-baru ini dinobatkan sebagai salah satu dari 100 Universitas terbaik di Indonesia versi laman Webometrics. Banyak siswa lulusan SLTA yang melanjutkan pendidikan di UM Metro, pasalnya selain menjadi salah satu dari 100 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia, UM Metro juga sebagai Universitas terbaik ketiga di provinsi Lampung, sehingga bisa dikatakan bahwa UM Metro Kampus Terbaik di Kota ini.

Banyak keunggulan yang bisa dibanggakan dari amal usaha Muhammadiyah ini, seperti letaknya yang sangat strategis dikawasan pendidikan, banyak program studi yang sudah terakreditasi A (unggul), dosen-dosen yang mumpuni bergelar doktor hingga profesor.

UM Metro juga terkenal aktif menjalin hubungan dengan berbagai pihak, seperti menjalin hubungan kerjasama antar sesama Universitas di beberapa negara Timur Tengah dan Asia dan aktif juga menjalin hubungan dengan pihak-pihak terkait seperti belum lama ini melakukan kegiatan kunjungan ke Kantor Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2Dikti) Wilayah II untuk pembahasan pembentukan program studi (prodi) baru. Dan tentunya dukungan penuh terhadap kegiatan mahasiswanya yang dinilai positif demi kemajuan mahasiswa dan terwujudnya lingkungan civitas akademika yang berkualitas.

Solusi Sukses Masa Depan
Dengan berbagai keunggulan yang penulis sampaikan diatas ada juga yang sangat penting yang dimiliki UM Metro yaitu pembentukkan akhlaq islam, UM Metro dengan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) menjadi motor penggerak dakwah dilingkungan kampus sehingga karakter muslim yang tangguh dapat terbentuk di kampus ini. Dan kalau sudah ilmu agama berpadu dengan ilmu pengetahuan maka sukses hanya tinggal menunggu waktu untuk mendatangi lulusan UM Metro, maka tepat jargon UM Metro sebagai Solusi Sukses Masa Depan bagi siapa saja yang menimba ilmu di kampus yang juga begitu dibanggakan oleh kepala L2Dikti Wilayah II Provinsi Lampung karena perkembangannya yang begitu pesat.

---------------------------------------
Sumber gambar: UM Metro dan instagram um_metro
Alasan Memilih Kuliah di UM Metro Alasan Memilih Kuliah di UM Metro Reviewed by Taupik Widayanto on May 11, 2019 Rating: 5

2 comments:

Recent

Powered by Blogger.